Melanjutkan tutorial sebelumnya, dimana setelah membuat layoutnya. Pada tutorial tahap kedua ini kita akan membuat algoritma dari programnya. Algoritma program yang akan kita buat kali ini ialah tentang cara agar computer bisa meletakkan posisi tentaranya secara benar dan acak setiap game dimulai. Setelah itu, buat algoritma dari si user apakah tebakannya untuk posisi tentara musuh tepat mengenai sasaran atau tidak dan apabila tebakan si user benar maka, skor si user akan bertambah.
Setelah Anda tahu apa isi dari tutorial kedua ini, mari langsung menuju intinya saja. Ikuti langkah – langkah berikut dengan benar dan pelan – pelan.
- Buatlah prosedur berikut, agar si computer atau katakanlah si musuh bisa meletakkan posisi tentaranya sendiri secara acak dan benar.
{Set Posisi Tentara Musuh secara acak dan benar} procedure setPosisiTentaraMusuh; var a, b, c :integer; ulang :boolean; begin (*Gunakan Randomize untuk menghasilkan random yang lebih baik*) randomize; (*Tentara 1 Musuh*) ComArmy_X[1] := random(4) + 1; {Random dari 0 - 3} ComArmy_Y[1] := random(4) + 1; (*Tentara 2 Musuh*) randomize; ComArmy_X[2] := random(4) + 1; ComArmy_Y[2] := random(4) + 1; (*Tentara 3 Musuh*) randomize; ComArmy_X[3] := random(4) + 1; ComArmy_Y[3] := random(4) + 1; (*Tentara 4 Musuh*) randomize; ComArmy_X[4] := random(4) + 1; ComArmy_Y[4] := random(4) + 1; end;
- Agar posisi tentara si musuh memang berada di posisi yang benar maka, tambahkan coding berikut untuk point 1 agar, posisi tentara si musuh tidak duplikat. Ingat, edit coding pada point 1 dan tambahkan coding berikut.
{Set Posisi Tentara Musuh secara acak dan benar(update kode point 1)} procedure setPosisiTentaraMusuh; var a, b, c :integer; ulang :boolean; begin (*Gunakan Randomize untuk menghasilkan random yang lebih baik*) randomize; (*Tentara 1 Musuh*) ComArmy_X[1] := random(4) + 1; {Random dari 0 - 3} ComArmy_Y[1] := random(4) + 1; (*Tentara 2 Musuh*) ulang := false; repeat begin randomize; ComArmy_X[2] := random(4) + 1; ComArmy_Y[2] := random(4) + 1; ulang := true; (*Cek apakah posisi tentara 2 sudah ditempati oleh Tentara 1*) if(ComArmy_X[2] = ComArmy_X[1]) and (ComArmy_Y[2] = ComArmy_Y[1]) then begin randomize; ulang := false; (*Acak secara asalan agar value yang dihasilkan oleh Random benar*) ComArmy_X[2] := random(200); ComArmy_Y[2] := random(300); end; end until ulang = true; (*Tentara 3 Musuh*) ulang := false; repeat begin randomize; ComArmy_X[3] := random(4) + 1; ComArmy_Y[3] := random(4) + 1; ulang := true; (*Cek apakah posisi tentara 3 sudah ditempati oleh Tentara 1 atau 2*) if(ComArmy_X[3] = ComArmy_X[1]) and (ComArmy_Y[3] = ComArmy_Y[1]) then begin randomize; ulang := false; ComArmy_X[3] := random(100); ComArmy_Y[3] := random(200); end else if(ComArmy_X[3] = ComArmy_X[2]) and (ComArmy_Y[3] = ComArmy_Y[2]) then begin randomize; ulang := false; ComArmy_X[3] := random(150); ComArmy_Y[3] := random(250); end; end until ulang = true; (*Tentara 4 Musuh*) ulang := false; repeat begin randomize; ComArmy_X[4] := random(4) + 1; ComArmy_Y[4] := random(4) + 1; ulang := true; if(ComArmy_X[4] = ComArmy_X[1]) and (ComArmy_Y[4] = ComArmy_Y[1]) then begin randomize; ulang := false; ComArmy_X[4] := random(300); ComArmy_Y[4] := random(100); end else if(ComArmy_X[4] = ComArmy_X[2]) and (ComArmy_Y[4] = ComArmy_Y[2]) then begin randomize; ulang := false; ComArmy_X[4] := random(100); ComArmy_Y[4] := random(200); end else if(ComArmy_X[4] = ComArmy_X[3]) and (ComArmy_Y[4] = ComArmy_Y[3]) then begin randomize; ulang := false; ComArmy_X[4] := random(200); ComArmy_Y[4] := random(500); end; end until ulang = true; end;
- Dan coding berikut, akan mengecek inputan si user apakah tebakan si user memang benar mengenai sasaran atau salah.
(*Cek tebakan si User untuk menebak posisi tentara si Musuh*) benar := false; if(Kondisi_ComArmy_XY[tebak_x_user, tebak_y_user] = 'buka_benar') then begin benar := true; end else if(ComArmy_X[1] = tebak_x_user) and (ComArmy_Y[1] = tebak_y_user) then begin Kondisi_ComArmy_XY[tebak_x_user, tebak_y_user] := 'buka_benar'; benar := true; inc(skor_user); end else if(ComArmy_X[2] = tebak_x_user) and (ComArmy_Y[2] = tebak_y_user) then begin Kondisi_ComArmy_XY[tebak_x_user, tebak_y_user] := 'buka_benar'; benar := true; inc(skor_user); end else if(ComArmy_X[3] = tebak_x_user) and (ComArmy_Y[3] = tebak_y_user) then begin Kondisi_ComArmy_XY[tebak_x_user, tebak_y_user] := 'buka_benar'; benar := true; inc(skor_user); end else if(ComArmy_X[4] = tebak_x_user) and (ComArmy_Y[4] = tebak_y_user) then begin Kondisi_ComArmy_XY[tebak_x_user, tebak_y_user] := 'buka_benar'; benar := true; inc(skor_user); end; (*Jika tebakan si user salah*) if(benar = false) then begin Kondisi_ComArmy_XY[tebak_x_user, tebak_y_user] := 'buka_salah'; end;
- Dan bila, skor si user sudah mencapai 4 maka, si user dinyatakan menang. Letakkan coding berikut diatas coding point 3.
(*Cek skor si user*) if(skor_user = 4) then begin user := 'win'; gotoxy(1, wherey+2); writeln('Selamat, Anda menang...'); readkey; break; end;
Jadi, jika digabungin dengan coding pada tahap pertama maka, akan jadi seperti berikut.
(* Author Yudi Setiawan *) program TebakTentara; uses crt; {Deklarasi Variable dan Array} var nama_user :string; MyArmy_X :array[1..4] of integer; MyArmy_Y :array[1..4] of integer; ComArmy_X :array[1..4] of integer; ComArmy_Y :array[1..4] of integer; Kondisi_MyArmy_XY :array[1..4, 1..4] of string; Kondisi_ComArmy_XY :array[1..4, 1..4] of string; user, com :string; tebak_x_user :integer; tebak_y_user :integer; tebak_x_com :integer; tebak_y_com :integer; benar :boolean; again :boolean; skor_user :integer; skor_com :integer; x, y, z :integer; {Part 2:Set Posisi Tentara Musuh secara acak dan benar} procedure setPosisiTentaraMusuh; var a, b, c :integer; ulang :boolean; begin (*Gunakan Randomize untuk menghasilkan random yang lebih baik*) randomize; (*Tentara 1 Musuh*) ComArmy_X[1] := random(4) + 1; {Random dari 0 - 3} ComArmy_Y[1] := random(4) + 1; (*Tentara 2 Musuh*) ulang := false; repeat begin randomize; ComArmy_X[2] := random(4) + 1; ComArmy_Y[2] := random(4) + 1; ulang := true; (*Cek apakah posisi tentara 2 sudah ditempati oleh Tentara 1*) if(ComArmy_X[2] = ComArmy_X[1]) and (ComArmy_Y[2] = ComArmy_Y[1]) then begin randomize; ulang := false; (*Acak secara asalan agar value yang dihasilkan oleh Random benar*) ComArmy_X[2] := random(200); ComArmy_Y[2] := random(300); end; end until ulang = true; (*Tentara 3 Musuh*) ulang := false; repeat begin randomize; ComArmy_X[3] := random(4) + 1; ComArmy_Y[3] := random(4) + 1; ulang := true; (*Cek apakah posisi tentara 3 sudah ditempati oleh Tentara 1 atau 2*) if(ComArmy_X[3] = ComArmy_X[1]) and (ComArmy_Y[3] = ComArmy_Y[1]) then begin randomize; ulang := false; ComArmy_X[3] := random(100); ComArmy_Y[3] := random(200); end else if(ComArmy_X[3] = ComArmy_X[2]) and (ComArmy_Y[3] = ComArmy_Y[2]) then begin randomize; ulang := false; ComArmy_X[3] := random(150); ComArmy_Y[3] := random(250); end; end until ulang = true; (*Tentara 4 Musuh*) ulang := false; repeat begin randomize; ComArmy_X[4] := random(4) + 1; ComArmy_Y[4] := random(4) + 1; ulang := true; if(ComArmy_X[4] = ComArmy_X[1]) and (ComArmy_Y[4] = ComArmy_Y[1]) then begin randomize; ulang := false; ComArmy_X[4] := random(300); ComArmy_Y[4] := random(100); end else if(ComArmy_X[4] = ComArmy_X[2]) and (ComArmy_Y[4] = ComArmy_Y[2]) then begin randomize; ulang := false; ComArmy_X[4] := random(100); ComArmy_Y[4] := random(200); end else if(ComArmy_X[4] = ComArmy_X[3]) and (ComArmy_Y[4] = ComArmy_Y[3]) then begin randomize; ulang := false; ComArmy_X[4] := random(200); ComArmy_Y[4] := random(500); end; end until ulang = true; clrscr; writeln('Tentara 1 X : ', ComArmy_X[1]); writeln('Tentara 1 Y : ', ComArmy_Y[1]); writeln('Tentara 2 X : ', ComArmy_X[2]); writeln('Tentara 2 Y : ', ComArmy_Y[2]); writeln('Tentara 3 X : ', ComArmy_X[3]); writeln('Tentara 3 Y : ', ComArmy_Y[3]); writeln('Tentara 4 X : ', ComArmy_X[4]); writeln('Tentara 4 Y : ', ComArmy_Y[4]); readkey; end; {Prosedur Inisialisasi Kondisi MyArmy XY dan Kondisi ComArmy XY} procedure InitKondisiMyArmyComArmy; var a, b, c :integer; begin for a := 1 to 4 do begin for b := 1 to 4 do begin Kondisi_MyArmy_XY[a, b] := 'tutup'; Kondisi_ComArmy_XY[a, b] := 'tutup'; end; end; end; {Main} begin (*Panggil prosedur*) InitKondisiMyArmyComArmy; setPosisiTentaraMusuh; (*Clear Screen*) clrscr; (*Set status si user dan com masih natural*) user := 'natural'; com := 'natural'; (*Set Skor user dan Skor com masih nol*) skor_user := 0; skor_com := 0; (*Tanya nama si user*) write('Masukkan Nama Anda : '); readln(nama_user); (*Buat inputan untuk menanyakan mau diposisikan dimana tentara si user*) gotoxy(1, wherey+1); write('Posisikan tentara kamu pada Koordinat berikut'); (*Posisi semua tentara tidak boleh ada yang sama*) (*Tentara 1*) again := false; repeat begin gotoxy(1, wherey+1); write('Tentara 1, Koordinat X [1..4] : '); readln(MyArmy_X[1]); write('Tentara 1, Koordinat Y [1..4] : '); readln(MyArmy_Y[1]); again := true; (*Posisi tentara harus berada diantara 1 sampai 4*) if(MyArmy_X[1] < 1) or (MyArmy_Y[1] < 1) or (MyArmy_X[1] > 4) or (MyArmy_Y[1] > 4) then begin writeln('Koordinat harus diantara 1 - 4 !!!'); again := false; end; end until again = true; (*Tentara 2*) again := false; repeat begin gotoxy(wherex, wherey+1); write('Tentara 2, Koordinat X [1..4] : '); readln(MyArmy_X[2]); write('Tentara 2, Koordinat Y [1..4] : '); readln(MyArmy_Y[2]); again := true; if(MyArmy_X[2] < 1) or (MyArmy_Y[2] < 1) or (MyArmy_X[2] > 4) or (MyArmy_Y[2] > 4) then begin writeln('Koordinat harus diantara 1 - 4 !!!'); again := false; end; (*Cek apakah posisi tentara 2 sudah ditempati oleh tentara 1*) if(MyArmy_X[2] = MyArmy_X[1]) and (MyArmy_Y[2] = MyArmy_Y[1]) then begin writeln('Cari tempat lain...'); writeln('Posisi telah ditempati oleh tentara sebelumnya !!!'); again := false; end; end until again = true; (*Tentara 3*) again := false; repeat begin gotoxy(wherex, wherey+1); write('Tentara 3, Koordinat X [1..4] : '); readln(MyArmy_X[3]); write('Tentara 3, Koordinat Y [1..4] : '); readln(MyArmy_Y[3]); again := true; if(MyArmy_X[3] < 1) or (MyArmy_Y[3] < 1) or (MyArmy_X[3] > 4) or (MyArmy_Y[3] > 4) then begin writeln('Koordinat harus diantara 1 - 4 !!!'); again := false; end; (*Cek apakah posisi tentara 3 sudah ditempati oleh tentara 1 atau 2*) if(MyArmy_X[3] = MyArmy_X[1]) and (MyArmy_Y[3] = MyArmy_Y[1]) then begin writeln('Cari tempat lain...'); writeln('Posisi telah ditempati oleh tentara sebelumnya !!!'); again := false; end else if(MyArmy_X[3] = MyArmy_X[2]) and (MyArmy_Y[3] = MyArmy_Y[2]) then begin writeln('Cari tempat lain...'); writeln('Posisi telah ditempati oleh tentara sebelumnya !!!'); again := false; end; end until again = true; (*Tentara 4*) again := false; repeat begin gotoxy(wherex, wherey+1); write('Tentara 4, Koordinat X[1..4] : '); readln(MyArmy_X[4]); write('Tentara 4, Koordinat Y[1..4] : '); readln(MyArmy_Y[4]); again := true; if(MyArmy_X[4] < 1) or (MyArmy_Y[4] < 1) or (MyArmy_X[4] > 4) or (MyArmy_Y[4] > 4) then begin writeln('Koodinat harus diantara 1 - 4 !!!'); again := false; end; (*Cek apakah posisi tentara sudah ditempati oleh tentara 1, 2 atau 3*) if(MyArmy_X[4] = MyArmy_X[1]) and (MyArmy_Y[4] = MyArmy_Y[1]) then begin writeln('Cari tempat lain...'); writeln('Posisi telah ditempati oleh tentara sebelumnya !!!'); again := false; end else if(MyArmy_X[4] = MyArmy_X[2]) and (MyArmy_Y[4] = MyArmy_Y[2]) then begin writeln('Cari tempat lain...'); writeln('Posisi telah ditempati oleh tentara sebelumnya !!!'); again := false; end else if(MyArmy_X[4] = MyArmy_X[3]) and (MyArmy_Y[4] = MyArmy_Y[3]) then begin writeln('Cari tempat lain...'); writeln('Posisi telah ditempati oleh tentara sebelumnya !!!'); again := false; end; end until again = true; (*Cetak layout area user dan area musuh*) while((user <> 'win') and (com <> 'win')) do begin clrscr; writeln('Tebak posisi koordinat tentara musuh yang bersembunyi'); (*Cetak Header Layout area user dan area musuh*) gotoxy(wherex, wherey+1); write('==Area User=='); gotoxy(20, wherey); write('=Area Musuh='); (*Cetak Angka Koordinat X di Area User*) gotoxy(3, wherey+1); for x := 1 to 4 do begin write(x); gotoxy(wherex+2, wherey); end; (*Cetak Angka Koordinat X di Area Musuh*) gotoxy(22, wherey); for x := 1 to 4 do begin write(x); gotoxy(wherex+2, wherey); end; (*Cetak Angka Koordinat Y di Area User*) gotoxy(1, wherey+2); for x := 1 to 4 do begin write(x); gotoxy(1, wherey+2); end; (*Cetak Angka Koordinat Y di Area Musuh*) gotoxy(20, wherey-8); for x := 1 to 4 do begin write(x); gotoxy(20, wherey+2); end; (*Cetak Kotak Persembunyian di Area User*) gotoxy(3, wherey-8); for x := 1 to 4 do begin for y := 1 to 4 do begin (*Cek status tiap kotak persembunyian untuk Area User*) if(Kondisi_MyArmy_XY[y, x] = 'tutup') then begin write(chr(219)); end else if(Kondisi_MyArmy_XY[y, x] = 'buka_salah') then begin write('X'); end else if(Kondisi_MyArmy_XY[y, x] = 'buka_benar') then begin write(chr(258)); end; gotoxy(wherex+2, wherey); end; gotoxy(3, wherey+2); end; (*Cetak Kotak Persembunyian di Area Musuh*) gotoxy(22, wherey-8); for x := 1 to 4 do begin for y := 1 to 4 do begin (*Cek status tiap kotak persembunyian untuk Area Musuh*) if(Kondisi_ComArmy_XY[y, x] = 'tutup') then begin write(chr(219)); end else if(Kondisi_ComArmy_XY[y, x] = 'buka_salah') then begin write('X'); end else if(Kondisi_ComArmy_XY[y, x] = 'buka_benar') then begin write(chr(258)); end; gotoxy(wherex+2, wherey); end; gotoxy(22, wherey+2); end; (*Cetak Skor si User*) gotoxy(1, wherey+1); write('Skor User : ', skor_user); (*Cetak Skor si Com*) gotoxy(20, wherey); write('Skor Musuh : ', skor_com); (*Part 2 : Cek skor si user*) if(skor_user = 4) then begin user := 'win'; gotoxy(1, wherey+2); writeln('Selamat, Anda menang...'); readkey; break; end; (*Masukan untuk menebak Koordinat dimana posisi tentara musuh berada*) gotoxy(1, wherey+2); write('Masukkan Koordinat X untuk Musuh [1..4] : '); readln(tebak_x_user); gotoxy(1, wherey+1); write('Masukkan Koordinat Y untuk Musuh [1..4] : '); readln(tebak_y_user); (*Part 2 : Cek tebakan si User untuk menebak posisi tentara si Musuh*) benar := false; if(Kondisi_ComArmy_XY[tebak_x_user, tebak_y_user] = 'buka_benar') then begin benar := true; end else if(ComArmy_X[1] = tebak_x_user) and (ComArmy_Y[1] = tebak_y_user) then begin Kondisi_ComArmy_XY[tebak_x_user, tebak_y_user] := 'buka_benar'; benar := true; inc(skor_user); end else if(ComArmy_X[2] = tebak_x_user) and (ComArmy_Y[2] = tebak_y_user) then begin Kondisi_ComArmy_XY[tebak_x_user, tebak_y_user] := 'buka_benar'; benar := true; inc(skor_user); end else if(ComArmy_X[3] = tebak_x_user) and (ComArmy_Y[3] = tebak_y_user) then begin Kondisi_ComArmy_XY[tebak_x_user, tebak_y_user] := 'buka_benar'; benar := true; inc(skor_user); end else if(ComArmy_X[4] = tebak_x_user) and (ComArmy_Y[4] = tebak_y_user) then begin Kondisi_ComArmy_XY[tebak_x_user, tebak_y_user] := 'buka_benar'; benar := true; inc(skor_user); end; (*Part 2 : Jika tebakan si user salah*) if(benar = false) then begin Kondisi_ComArmy_XY[tebak_x_user, tebak_y_user] := 'buka_salah'; end; end; readln; end.
Berikut hasil dari tutorial kedua ini.
Sekian untuk tutorial tahap kedua ini. Tunggu tutorial berikutnya.