Hi Sobat JaCo,
Gimana udah ngerti tutorial yang pertamanya? Sebelumnya kita sudah buat user interfacenya aja ya, ada 3 buah button dan text. Namun buttonnya belum berfungsi. Untuk itu, mari kita lanjutkan...
-
Buat script C# baru, klik kanan folder Asset >> Create >> C# Script lalu berinama MyCounterBehaviour.cs
- Edit scriptnya seperti dibawah ini
using UnityEngine; using System.Collections; using UnityEngine.UI; public class MyCounterBehaviour : MonoBehaviour { public Text numText; int num = 0; void Start(){ numText.text = num.ToString(); } public void IncreaseNum(){ num++; numText.text = num.ToString(); } public void DecreaseNum(){ num--; numText.text = num.ToString(); } public void Reset(){ num = 0; numText.text = num.ToString(); } }
-
Buat GameObject, klik menu GameObject >> Create Empty, lalu beri nama “CounterObject” pada inspector, lalu tekan Enter
-
Add script ke CounterObject dengan cara Drag Script MyCounterBehaviour.cs ke CounterObject, jika sudah di add, akan seperti ini
-
Drag text ke NumText
-
Klik Button Increase, lalu pada OnClick, klik plus (+)
-
Drag CounterObject ke event OnClick tersebut
-
Pilih Fungsi IncreaseNum, dengan cara pilih MyCounterBehaviour lalu pilih fungsi IncreaseNum
-
Lakukan cara yang sama untuk tombol Decrease dan Reset
-
Setelah itu, klik tombol play
- Berhasiiiil :D
- Jangan lupa save scene nya, dengan cara, klik Menu File >> Save Scene, lalu simpan dengan nama scene1
Tetapi, jika kita stop counternya terus diplay lagi, angkanya akan kembali jadi 0. Kenapa ya? Soalnya nilai yang terakhir belum kita simpan. Bagaimana cara menyimpannya?? Tunggu tutorial selanjutnya ya?